Penulis menyelesaikan S-1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial UNJ dan menyelesaikan studi S-2 di Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Pascasarjana Univ. Indonesia (UI). Pada wisuda Semester Ganjil 2009/2010 di kampus UNJ, penulis terpilih sebagai lulusan/wisudawan terbaik se-UNJ, dengan IPK/IPA 3,88. Keinginan untuk berkuliah di kampus negeri merupakan cita-cita dari SMA. Namun ragu untuk bisa berkuliah, sebab orang tua kurang mampu. Merantau mengikuti jejak orang tua bersekolah SMP dan SMA di Bogor. Dengan prestasi yang lumayan bisa mendapatkan beasiswa ketika SMA dan kuliah Strata 1. Ditawarkan untuk mengikuti program PMDK dari UNJ. Syukur pada Allah, akhirnya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta melalui jalur PMDK. Saat ini beraktifitas sebagai guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Labschool Jakarta dan staf pengajar mata kuliah Pend. Pancasila dan Pend. Kewarganegaraan di UNJ (MKU PKn) dan di Univ. Terbuka (UT). Pernah menjadi pembimbing siswa SMA Labschool Jakarta dalam kegiatan Taylor’s Model United Nations (TMUN) di Taylor’s University Selangor, Malaysia pada September 2013. Kemudian pada Januari-Februari 2014 dan 2016 menjadi pembimbing siswa SMA Labschool Jakarta dalam mengikuti simulasi sidang PBB, yaitu Harvard Model United Nations (HMUN) yang diselenggarakan oleh Universitas Harvard di Boston, Massaschusetts, Amerika Serikat dan mengunjungi New York, Philadelphia dan Washington DC.

 

Riwayat Pendidikan

  1. SD Negeri 11 Tanjung, Pandai Sikek, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat (1993-1999)
  2. SMP Negeri 1 Megamendung, Bogor, Jawa Barat (1999-2002)
  3. SMA Negeri 1 Ciawi, Bogor, Jawa Barat (2002-2005)
  4. S1 Jurusan Ilmu Sosial Politik, Universitas Negeri Jakarta (2005- 2010)
  5. S2 Jurusan Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana Universitas Indonesia (2015)

Pengalaman Organisasi

  1. Ketua Umum Rohis SMAN 1 Ciawi, Bogor (Periode 2003-2004)
  2. Staf Bazis LDK UNJ (Periode 2005-2006)
  3. Staf Dep. Kaderisasi Islamic Center Al-Ijtima’i, FIS UNJ (Periode 2006-2007)
  4. Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik, FIS UNJ (Periode 2006-2007)
  5. Ketua Bidang Pemberdayaan Anggota, HMI Koorkom UNJ (Periode 2006-2007 dan Periode 2007-2008)
  6. Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) Bidang PA, HMI Cabang Jakarta Raya (Periode 2010-2011)
  7. Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Minang (KMM) Koorkom UNJ (Periode 2008-2009)
  8. Sekretaris Jenderal Himpunan Nasional Mahasiswa PKN (HIMNAS PKN) (Periode 2008-2009)
  9. Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Mahasiswa Minang (IKMM) Jabodetabek (Periode 2009-2011)
  10. Ketua Umum Gerakan Semangat Indonesia (GSI) Daerah DKI Jakarta
  11. Ketua II Ikatan Guru Civic Indonesia (IGCI) (Periode 2011-2015)
  12. Wasekum Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) (Periode 2011-2015)
  13. Aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS), UNJ
  14. Sekretaris Pusat Studi Sosial Politik (PUSPOL) Indonesia
  15. Wakil Sekretaris Bid. Kebijakan Publik DPD KNPI DKI Jakarta

Aktifitas

  1. Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Labschool Jakarta
  2. Dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila (MKU PKn) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  3. Dosen/Tutor mata kuliah PKn di Univ. Terbuka (UT)
Iklan

34 responses »

  1. Bang…diprofil itu profil or curhat sih…..????….tolong diperbaiki dan lanjutkan perjuangan anda…ha…ha…ha… just kidding…. perjalanan masih panjang…KAYAK LAGUNYA EBIET AJA YE….

    YAKUZA / Ykin Usaha sampai…

  2. widihhh….si Bapak canggih bener. Isi blognya ilmu pengetahuan semua lagi dan berwawasan tinggi untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Hehehehe…..

  3. semangat trus pak!!!!!!!!!!!, kalau setiap nafas kita niati untuk beribadah, seberat apapun cobaan pasti terasa ringan

  4. Teruskan perjuanganmu….. Bapak Iwan.
    Berjuang terus …………terus berjuang………..

  5. Kalo dilihat dari pendidikan menengah pertamanya, angkatan 2002 kelas 3 berapakah?
    Salam kenal.

    -trims-

  6. membaca tulisan-tulisan Anda mas Satriawan, serasa saya membaca tulisan-tulisan sekaliber guru besar. analisis yang anda tuangkan dalam setiap permasalahan sangat dalam. sampai-sampai tak bosan saya untuk terus membacanya. saran saya buatlah buku agar pemikiran-pemikiran Anda dapat lebih banyak menginspirasi orang lain.

  7. semangaaat uda iwaaaann… bisa jadi politikus negeri ini neh daaa.. kita dukung selaluuu… heheheh…
    klo bisa jadi presiden pasti mantap bgt…

  8. sukses selalu bang satriawan,, from alumni SMA Negeri 1 Ciawi angkatan 05 kelas 3-7
    n salam hangat selalu,,

  9. Assalamulaikum Wr, Wb
    Alhamdulillah jadilah orang yang hebat di Negeri Ini….

  10. Mantap, menginspirasi imajinasi kami, oki lanjutkan biar anak bangsa terinspirsi sdr Satriawan.

  11. Assalamu’alaikum
    Sy siswa yg baru lulus SMP Alhamdulillah dan in sya Allah lanjut ke SMA (rencanny SMANIC). Saya ingin tanya Kak, rohis di SMANIC saat ini kondisinya bagaimana ya ? Kegiatan2nya terutama aktivitas tarbiyahnya.

    Syukraan.

  12. Assalamu’alaikum
    Asik sy siswa yg baru lulus SMP Alhamdulillah dan in sya Allah lanjut ke SMA (rencannya SMANIC). Saya ingin tanya Kak, rohis di SMANIC saat ini kondisinya bagaimana ya ? Kegiatan2nya terutama aktivitas tarbiyahnya.

    Syukraan.

  13. Wa’laikum salam warahmatullohi wabarokatuh…Alhamdulillah setau saya Rohis SMUNIC cukup baik untuk dakwah-dakwahnya di sekolah. Jalinan komunikasi dengan alumni dan guru juga lancar. Demikian secuil info yang saya dapat. Karena sudah bertahun-tahun juga btak main ke SMUNIC…heee
    Selamat bergabung di SMUNIC ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s